Beranda > Tip's Bisnis online > Menarik dan Mempertahankan Pelanggan Lewat Internet

Menarik dan Mempertahankan Pelanggan Lewat Internet


Kita semua mungkin tahu bahwa e-bisnis yang berasal dari Bahasa Inggris e-business merupakah singkatan dari electronic business. Tetapi apakah arti sesungguhnya? Dengan sederhana diartikan e-bisnis merupakan penggunaan komputer untuk menjalankan bisnis. Termasuk di dalamnya kegiatan pembelian, penjualan, melayani pelanggan dan bekerja dengan partner bisnis. Untuk bagian yang paling dituju, e-bisnis adalah tentang website perusahaan dan bagaimana pebisnisnya menggunakan internet untuk membantu mengoperasikan dan menumbuhkan bisnis.

 

Yang menjadi tujuan pertama setelah website tersedia adalah, bagaimana pengunjung menjadi tertarik pada website, membaca isi dan lebih diharapkan lagi berkeinginan mencoba produk atau jasa yang ditawarkan. Namun untuk mencapai tujuan tersebut tidak semudah kenyataannya. Perlu trik-trik khusus menjadikan website bisa bermakna seperti yang diinginkan. Alberta e-future center, sebuah layanan bisnis inisiatif link bisnis, melalui websitenya e-future.ca, berbagi pengetahuan secara gratis tentang informasi-informasi e-bisnis. Salah satunya adalah tulisan tentang menarik dan menjaga pelanggan. Berikut salah satu artikelnya.

 

Untuk kesuksesan sebuah website, orang butuh untuk mengunjungi website tersebut. Membangkitkan traffic di internet bukanlah sebuah tugas yang simple karena tersedianya pilihan yang beragam untuk pelanggan. Anda dapat menggunakan internet untuk meletakkan putaran baru pada teknik pemasaran tradisional atau menggunakan pendekatan yang inovatif seperti ijin pemasaran, situs pencari, mall virtual. Yang juga tak kalah penting menarik pelanggan adalah menjaga mereka. Banyak ahli e-commerce berdebat bahwa customer service lebih penting di internet daripada dalam toko secara fisik. Meskipun dunia e-bisnis bukan perseorangan, proses energi data membuat pelanggan Anda lebih dari sebuah angka semata-mata.

Pemasaran

Terdapat beragam metode untuk memasarkan toko online, dan cara baru untuk menggunakan internet untuk memunculkannya setiap waktu. Metode yang paling biasa dan efektif adalah iklan offline, referral, email, viral marketing, mesin pencari, virtual malls dan iklan banner.

Toko Ritel dan Sertifikat

Toko ritel yang fisik dan toko online seharusnya bekerja secara harmonis. Dengan menggunakan alat dan bahan di toko offline untuk mempromosikan toko online, pelanggan tidak akan didorong untuk online dan membeli produk dari pesaing. Untuk mempromosikan website baru Anda, termasuk alamat penerima, invoice, tas belanja, iklan cetak, dan literatur penjualan yang lain. Cara lain untuk mempromosikan website baru adalah mengirimkan electronic gift certificates kepada pelanggan offline yang sudah ada. Langkah selanjutnya adalah mengijinkan pelanggan untuk mengirinkan hadiah sertifikat elektronik bagi keluarga dan teman mereka, dengan demikian meningkatkan referral.

 

Email Marketing

Berbicara secara tegas, beberapa pesan pemasaran dikirim melalui email yaitu email marketing. Dengan sebuah spektrum bahwa menyaring satu per satu pemasaran ke bulk massage, Anda dapat menasehatkan sebuah strategi email marketing yang cocok dengan perusahaan Anda. Untuk bisnis yang serius tentang iklan online, email adalah satu dari cara paling sukses untuk menyasar target khusus.

Bisnis seharusnya menghindari penggunakaan pesan bulk yang tanpa ijin, atau yang dikenal dengan spam. Email spam memaksa biaya dan membebankan pada penerima dengan mengambil akses waktu dan memori tanpa permisi.Pada volume yang tinggi spam telah ditunjukkan menyumbat network dan memperlambat komunikasi diantara user. Sebuah strategi pemasaran menggunakan spam akan menyebabkan kerusakan serius pada kredibilitas bisnis. Cara paling efektif mengidentifikasi target pasar adalah memperoleh ijin pelanggan untuk mengirimkan informasi lebih.

Ijin Memasarkan

Ijin memasarkan membangun pada praktik hari saat ini mengirimkan bahan pemasaran untuk menarik pelanggan. Internet menambahkan dimensi baru karena mengijinkan pelanggan untuk menjadi sukarelawan. Dengan hanya mengambil sukarelawan, jaminan bahwa pelanggan yang menerima membayar perhatian yang lebih besar kepada pesan. Juga membiarkan Anda menceritakan cerita Anda tanpa diinterupsi dari pesaing.Seringkali pelanggan berpartisipasi karena mereka dihargai dengan kupon dan special diskon. Dengan membiarkan pelanggan memilih ke dapam pemasaran, Anda membuat sebuah hubungan personal.

Untuk memilih. pelanggan men-cek email masuk dan email keluar. Dengan lebih khususnya penerima email diceritakan apa pilihan, daftar yang lebih berharga. Strategi pilihan mengasumsikan pembaca ingin mendapatkan email namun menawarkan sebuah kesempatan untuk memindahkan alamatnya dari daftar. Paling banyak ahli setuju bahwa pilihan sedikit jelas kepada pengguna baru

internet dan olehkarena itu informasi sedikit berharga.

Program afiliasi dan viral marketing

Program afiliasi dan strategi viral marketing relatif baru dan bersandar pada referral. Pada program afiliasi, network website menempatkan banner atau link pada website lain yang saling mempromosikan brand dan juga produk. Pelanggan diacu kepada yang lainnya pada pertukaran untuk sebuah komisi penjualan.

Viral marketing menggambarkan bagian di mana informasi tentang perusahaan internet menyebar melalui referral. Pelanggan mendapatkan informasi tenyang layanan yang dekat dengan mereka, termasuk teman, tetangga, sesama karyawan dan lainnya.

Mesin Pencari dan Direktori

Search engine adalah sebuah program pencarian di halaman internet untuk kata kunci spesifik dan memperlihatkan sebuah daftar halaman di mana kata kunci tersebut ditempatkan. Tindakan sealur banyak informasi di internet, mesin pencari sangat penting dalam mengiklankan bisnis Anda. Sebagai perbandingan, direktori pencarian tidak mencari halaman website tetapi sebuah direktori dari kata kunci bahwa telah teregistrasi dengan setiap website.

Penyampaian kepada mesin pencari adalah mudah karena Anda hanya diharuskan menyampaikan alamat website dan alamat email. Proses penyampaian kepada sebuah direktori adalah lebih tegas daripada search engine, dan penyampaiannya tidak menjamin registrasi.

Direktori mensyaratkan informasi spesifik selama registrasi, dan editor kemudian akan me-review halaman Anda apakah akan termasuk pada direktori Sebagai contoh direktori adalah Yahoo!. Untuk menambahkan halaman Anda kepada mesin pencari atau direktori adalah semudah berselancar di tempat tersebut dengan meng-klik kalimat “Add your website. Registrasi memakan waktu beberapa minggu atau selama beberapa bulan. Situasi ideal untuk website adalah termasuk keduanya mesin pencari dan direktori dan full-text index pada halaman web.

 

Karena terdapat sejumlah mesin pencari populer, Anda harus meregistrasi lebih dari satu mesin pencari. Saat ini, mesin pencari yang paling populer termasuk Yahoo!, Altavista, Lycos, Excite, Infoseek, Hotbot, dan Canada.com. Jika di sana ada versi Kanada dan Amerika, seperti Yahoo.ca dan Yahoo.com, registrasi dengan versi Kanada akan termasuk registrasi dengan versi Amerika. Karena di sana ada banyak mesin pencari, software telah dikembangkan mengikuti informasi yang pertama kali disampaikan kemudian Anda dengan beberapa mesin pencari. (SH)

  1. 12 Maret 2008 pukul 5:04 AM

    Makasih banget ya,untuk info2nya.saya terbantu banget nih, soalna sudah dua buan punya blog tapi belum tahu cara menampilkannya di mesin pencari. kunjungi saya di http://hamiemstories.blogspot.com

  2. 15 Desember 2010 pukul 3:32 PM

    cara gogogling yang menurutku paling ampuh

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: