Beranda > Bisnis > Manfaat Teh Hitam

Manfaat Teh Hitam


BERBAGAI MANFAAT OU TEA (TEH HITAM)
MENURUT PENELITIAN PARA AHLI

(Ijin Kesehatan POM TR 063 264 561)

Product Knowledge


Riset telah menunjukkan bahwa teh sangat efektif dalam membantu meningkatkan kesehatan tubuh dan stamina. Teh dapat membantu menurunkan kadar gula darah kolesterol, demam, flu, kram menstruasi, nyeri kepala, menetralkan bahan-bahan penyebab racun, dan masih banyak lagi.

Setiap hari minum Ou Tea secara rutin akan mendapatkan manfaat sebagai berikut:
  1. Menurunkan aterosklerosis (pengerasan pembuluh darah)
  2. Membantu meningkatkan kesehatan tubuh dan stamina
  3. Membantu meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh
  4. Membantu meningkatkan metabolisme dan kekebalan tubuh
  5. Membantu melancarkan pencernaan dan air seni
  6. Melegakan dahaga
  7. Membantu menetralisir lemak dalam makanan
  8. Membantu menormalkan kadar gula darah dan kadar kolesterol
  9. Membantu menghentikan pendarahan dan pencegah infeksi
  10. Membantu melindungi tubuh anda dari bakteri dan virus
  11. Membantu menghambat penggumpalan sel-sel platelet darah
  12. Membantu menormalkan hyperfunction serta kelenjar gondok
  13. Membantu mengurangi kemungkinan terjadinya karies gigi dan penyakit gusi.
  14. Membantu melawan osteoporosis dan pengapuran pada urat nadi
Bagaimana cara kerja teh hitam bagi kesehatan?
Apa yang terkandung di dalam teh hitam yang membuatnya menjadi minuman kesehatan? Jawabannya terletak pada senyawa kimia alami yang terkandung di dalam daun teh: Polyphenol, Flavonoid, dan Catechin.

  • Menurut Joseph McLaughlin, seorang peneliti di National Cancer Institute, teh hitam sangat efektif dalam melindungi tubuh dari kanker esofagus, yaitu saluran yang berjalan dari mulut ke lambung. Para peneliti yang meneliti kelompok orang yang merokok dan minum alkohol juga menyatakan bahwa mereka yang minum teh hitam 5 cangkir setiap hari mengalami penurunan resiko kanker sebesar 20% pada pria dan 50% pada wanita. Dan untuk mereka yang tidak merokok atau minum alkohol, risiko kanker esofagus bagi peminum teh hitam turun sebesar 57% pada pria dan 60% pada wanita. Menurut McLaughin di dalam The Jurnal of the National Cancer Institute. “Semakin banyak teh hitam yang Anda minum, semakin rendah risiko Anda.”
  • Penelitian belum lama ini yang dilakukan di Jepang terhadap lebih dari 9.500 wanita menegaskan bahwa mereka yang minum kurang dari lima cangkir teh hitam setiap hari memiliki tingkat stroke dua kali dibandingkan mereka yang minum lebih dari lima cangkir teh hitam setiap harinya. Hasil itu lebih jelas terlihat pada wanita yang konsumsi garamnya cukup tinggi, suatu faktor yang berhubungan dengan tekanan darah tinggi dan stroke. Penelitian yang diadakan di Jepang kepada 1.000 orang menemukan hasil yang mencengangkan, yaitu semakin banyak teh yang mereka minum, semakin rendah kadar kolesterolnya. Menurut Dr. Yoshikazu Sata, seorang ahli neurologi di Tohoku University School of Medicine di Jepang antioksidan itulah yang membantu menjaga kesehatan pembuluh darah dan mencegah stroke.
  • Penelitian lain di Jepang menunjukkan walaupun rata-rata pria Jepang merokok lebih banyak dibandingkan rata-rata pria Amerika, mereka memiliki tingkat kanker paru-paru yang lebih rendah. Menurut para ahli, kesenangan mereka minum teh hitam adalah alasan mengapa hal itu terjadi.
  • Penelitian selama dua tahun di Cina menunjukkan bahwa orang yang minum teh hitam akan memiliki resiko kanker lambung 30% lebih rendah bila dibandingkan dengan orang yang tidak meminum teh hitam.
  • Para peneliti di American Medical Association menemukan bahwa flavonoid mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang banyak ditemukan dalam tumbuhan, termasuk teh hitam yang dapat mengurangi resiko stroke. Menurut Dr. Ralph Sacco dari Nothern Manhattan Stroke Study di Columbia Presbyeterian Medical Center, New York, teh hitam mampu mencegah penyumbatan arteri.
  • Penelitian di Belanda selama lima tahun terhadap lebih dari 8000 pria, yang berusia antara 65 sampai 84 tahun, menemukan bahwa mereka yang minum dua cangkir teh setiap hari mengalami penurunan risiko serangan jantung dan kerusakan arteri koroner sebesar 68%. Para peneliti menemukan bahwa kandungan flavonoid dan catechins (dua komponen utama dari teh hitam) dapat menurunkan tekanan darah, menormalkan mekanisme pembekuan darah, membantu pembakaran lemak dan mengatur kadar gula darah serta insulin di dalam tubuh.
  • Para ilmuwan di Skin Disease Research Center di Cleveland, OH, melaporkan bahwa teh hitam dapat melawan kanker pada kulit dan menyebabkan perlambatan pertumbuhan tumor sebesar 40% sekaligus menciutkan ukuran tumor yang telah ada. Teh hitam yang dioleskan langsung kepada kulit dapat mencegah kanker kulit yang disebabkan oleh pemanasan sinar matahari dan menghindari keriput pada kulit.
  • Dr. Earl Mindell di dalam bukunya, What You Should Know about the Super Antioxidan Miracle menemukan bahwa teh hitam memiliki sifat antibakteria yang kuat. Teh hitam dengan kuat melawan hampir semua jenis bakteri, termasuk kolera, salmonela, dan tifiod. Tidak seperti antibiotika, teh hitam memiliki sifat selektif dalam memilih bakteri yang dibunuhnya, dengan meninggalkan bakteri yang baik dan membunuh bakteri yang menyebabkan kerusakan.
:

Teh yang dalam istilah ilmiah lebih dikenal dengan nama Camellia Sinensis.   Konon, tanaman Teh yang telah ditanam lebih dari 2.000 tahun lalu dan dikonsumsi oleh masyarakat China mulai abad ke-4, penyebarannya ke Jepang dilakukan oleh Pendeta Budha pada abad ke-8. Sedangkan penyebarannya ke Benua Eropa dilakukan oleh para pedagang Belanda pada abad ke-17.

Dari penelitian yang dilakukan mengatakan bahwa teh merupakan salah satu alternatif pengobatan tradisional yang relatif murah dan sangat mudah untuk didapat dalam mengatasi gangguan kesehatan tubuh.

Beberapa penelitian memang membuktikan bahwa teh mempunyai khasiat yang amat penting untuk tubuh manusia, tidak hanya memberikan kesegaran, tetapi juga membantu mencegah dan mengatasi berbagai masalah kesehatan tubuh.

Apa itu Ou Tea?
Merupakan teh hitam yang ditanam di pegunungan dan hanya diambil tiga pucuk daun teh tertinggi yang masih muda dan melalui tiga tahap proses produksi untuk menghasilkan kandungan-kandungan yang sempurna.
Proses Produksi Ou Tea
  1. Pucuk-pucuk daun teh varietas sinensis dipetik dan dikeringkan dengan udara hangat dan kelembaban moderat dengan suhu +30oC selama 10 – 15 jam.
  2. Setelah itu, dimulai proses penggulungan dan oksidasi Polifenol (fermentasi) untuk mempertemukan Polifenol dengan Enzim Fenolase serta mengecilkan partikel daun.
  3. Selanjutnya,dilakukan pengeringan secara berkesinambungan dengan suhu 90oC (Inlet) agar terjadi perubahan warna dari coklat keemasan menjadi hitam dengan kandungan air 3% sehingga menghentikan aktivitas enzim dan memperpanjang umur simpan serta menghasilkan aroma yang spesifik.
Kandungan Ou Tea
  1. Tanin
  2. Theaflavin dan Thearubigin
  3. Polyphenol
  4. Flavonoid
  5. Catechin
  6. Fluoride
  7. Magnesium
  8. Vitamin E
  9. Vitamin K

Zat-zat yang terkandung dalam Ou Tea ini sangat berperan dalam proses Pencegahan dan Pemulihan Kesehatan.

  • Tannin. Teh memiliki kandungan alami tannin yang tinggi, tannin tidak hanya membantu menyembuhkan luka bakar dan menghentikan pendarahan, tetapi juga membantu mencegah infeksi. Tannin juga sangat efektif melindungi ginjal. Tannin telah digunakan untuk membantu mengatasi pertolongan pada sakit tenggorokan, daire, pendarahan, kelelahan, bisul/borok. Tannin juga dilaporkan dapat membantu menonaktifkan kuman, virus polio dan herpes. Tannin dapat membantu mengeluarkan racun gigitan lebah dan racun penyebab iritasi pada kulit. (Hamilton-Miller JM; Antimicrobial properties of tea – Camellia sinensis L.)
  • Theaflavin dan Thearubigin (sejenis Asid Amino) memiliki antioksidan yang berfungsi sebagai pengikat unsur logam berbahaya di dalam tubuh dan mampu menirukan fungsi insulin pada protein yang dikenal dengan nama foxos (Dr Graham Rena, Universitas Dundee). Membantu melancarkan proses pencernaan sekaligus mampu membantu menetralisasi lemak dalam makanan. (R. G. Bailey, H. E. Nursten; Isolation and high-performance liquid chromatographic analysis of thearubigin fractions from black tea; Journal of Chromatography)
  • Polyphenol adalah grup dari substansi kimia yang ditemukan dalam tanaman, kemampuannya 100 kali lebih efektif dari Vitamin C dan 25 kali lebih efektif dari Vitamin E dalam menetralisir radikal bebas. Polyphenol dapat membantu menormalkan hyperfunction serta kelenjar gondok (Jane V. Higdon, Balz Frei; Tea Catechins and Polyphenols: Health Effects, Metabolism, and Antioxidant Functions). Archie of Internal Medicine; menyebutkan pula bahwa Polyphenol juga berperan sebagai pencegah kolesterol jahat (LDL = Low Density Lipoprotein)
  • Flavonoid berfungsi sebagai senyawa alamiah yang dapat membentuk sifat antibiotik, antiradang dan antioksidan, serta mampu menghambat penggumpalan sel-sel platelet darah sehingga membantu mencegah penyumbatan pembuluh darah. (John Folts, Direktur Sekolah Medis Universitas Wisconsin, AS)
  • Catechin merupakan antioksidan yang sama kuatnya dengan beta-karoten. Jean Carper di dalam The Food Pharmacy, dalam penelitian terbukti catechin dapat memperkuat dinding pembuluh kapiler dan memperlambat proses aterosklerosis. Kandungan catechin dapat pula membunuh Helicobar Pylori, bakteri pemicu kanker lambung.
  • Fluoride, menjaga kesehatan gigi dan gusi serta berperan dalam metabolisme tulang, membantu melawan osteoporosis. (World Health Organization; Environmental Health Criteria 227: Fluorides)
  • Magnesium, memelihara fungsi otot dan urat saraf agar normal, membantu menjaga sistem kekebalan tubuh serta menjaga tulang agar kuat. Magnesium juga membantu menormalkan kadar gula darah dan tekanan darah. Magnesium berperan penting dalam membantu mencegah penyakit kardiovaskuler dan mengatur jumlah kalsium yang masuk ke dalam sel tubuh. (National Institutes of Health, Office of Dietary Supplements, USA)
  • Vitamin E, merupakan antioksidan yang melindungi tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Vitamin E juga berperan penting dalam sel darah merah dan membantu penggunaan Vitamin K oleh tubuh. (Herrera E, Barbas C; Vitamin E: action, metabolism and perspectives)
  • Vitamin K, membantu proses pembekuan darah (clotting) dan proses metabolisme tulang serta membantu mencegah osteoporosis dan pengapuran pada urat nadi. (Jamie Adams and Joseph Pepping; Vitamin K in the treatment and prevention of osteoporosis and arterial calcification)
Khasiat Nyata Ou Tea
Negara-negara pengimport Ou Tea dari Taiwan seperti Indonesia, China, Malaysia, Singapore, Jepang, Inggris, Australia dan Amerika, mengakui bahwa secara rutin minum Ou Tea setiap hari akan meningkatkan kesehatan tubuh bahkan dipercaya sebagai alternatif untuk membantu mengatasi keluhan kesehatan :

  1. Menurunkan aterosklerosis (pengerasan pembuluh darah)
  2. Membantu meningkatkan kesehatan tubuh dan stamina
  3. Membantu meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh
  4. Membantu meningkatkan metabolisme dan kekebalan tubuh
  5. Membantu melancarkan pencernaan dan air seni
  6. Melegakan dahaga
  7. Membantu menetralisir lemak dalam makanan
  8. Membantu menormalkan kadar gula darah dan kadar kolesterol
  9. Membantu menghentikan pendarahan dan pencegah infeksi
  10. Membantu melindungi tubuh anda dari bakteri dan virus
  11. Membantu menghambat penggumpalan sel-sel platelet darah
  12. Membantu menormalkan hyperfunction serta kelenjar gondok
  13. Membantu mengurangi kemungkinan terjadinya karies gigi dan penyakit gusi.
  14. Membantu melawan osteoporosis dan pengapuran pada urat nadi
  • Para perokok yang biasa minum Ou Tea, akan terjadi perbaikan morfologik sel epitel mukosa, menghambat infeksi tenggorokan.
  • Kebiasaan minum Ou Tea, sedikitnya 2 cangkir setiap hari dapat membantu menurunkan angka serangan diare.
  • Bagi wanita yang sedang haid, akan terhindar dari rasa sakit, bahkan bisa lebih teratur.
Referensi Ou Tea
  • Clinical Gerantologi Unit, University of Cambridge School of Medicine, Inggris dan penelitian Verona M. Habarty (2000) serta Rumah Sakit Adden Brooke, Cambridge, Inggris; Diketahui kandungan Ou Tea adalah Tanin dan Katekin yang sempat dianggap menghambat penyerapan mineral utama untuk pembentukan tulang.Ternyata pendapat itu tidak benar karena hasil temuan mereka membuktikan dan menambah satu lagi manfaat Ou Tea yang justru dapat mencegat osteoporosis (tulang akan menyusut, mudah patah dan badan menjadi bungkuk) pada perempuan pasca menopause.
  • Dokter Lou Fu Qing, Zhejiang Medical Unveristy of China; Menyebutkan Pigmen dari Ou Tea ternyata dapat menghambat penyumbatan pembuluh darah, peranan ini dilakukan oleh Katekin (kandungan Pigmen) yang dapat menghambat pembentukan plak yang disebut LDL kolesterol pada pembuluh nadi utama, penyebab stroke dan serangan jantung.
  • Studi Laboratorium di Jepang; Ou Tea diketahui juga mengandung Flouride yang dapat menguatkan email gigi dan membantu mencegah kerusakan gigi, pembentukan plak gigi dan membunuh bakteri mulut penyebab pembengkakan gusi.
  • Yayasan Kesehatan Amerika di Valhala New York; menyimpulkan bahwa Ou Tea mampu menurunkan angka Pembentukan Tumor Paru-paru 30-45%, serta dapat mengurangi gangguan kekejangan yang sering terjadi pada anak-anak dan epilepsi.
  • Dr. Ralph Sacco di Columbia Presbyterian Medical Center; Ou Tea ternyata mampu mengubah tekanan permukaan cairan yang rendah pada ginjal menjadi tinggi, sehingga mencegah pembentukan kristal atau batu ginjal, serta yang sudah terbentuk dapat dihancurkan dan keluar bersama urine.
  • Dr. Earl Mindell; Ou Tea dapat melawan hampir semua jenis bakteri, termasuki kolera salmonela dan tifoid.
Cara Menyeduh dan Mengkonsumsi Ou Tea yang Benar
  1. Gunakan air yang benar-benar bersih ( minimal air kemasan galonan yang ber SNI.
  2. Rebus air hingga benar-benar mendidih 100o C, ambil 1 gram Ou Tea atau 1 sendok teh Ou Tea. Seduh di dalam gelas 250 ml ( bisa diseduh 2X )
  3. Minumlah dalam keadaan hangat-hangat panas, tanpa dicampur apapun ( gula, susu, madu, jeruk, dll )
  4. Usahakan dalam satu hari mengkonsumsi 2 – 3 gram Ou Tea ( 4 – 6 gelas per hari ) dan jika minum obat dokter atau jamu diberi selisih waktu 60 menit
  5. Bagi yang bermasalah dengan pencernaan atau gemetar setelah minum Ou Tea sebaiknya makan dulu baru konsumsi Ou Tea
  6. Dewasa: 4-6 gelas per hari setelah makan.
  7. Balita: 3-5 sendok per hari.
  8. Wanita hamil: tidak lebih dari 2 gelas per hari.
  9. Untuk olahragawan, diminum 1 jam sebelum beraktivitas untuk membantu meningkatkan stamina agar tidak mudah lelah.
  10. Untuk sariawan/sakit gigi dibuat agak kental lalu dikumur selama 1 s/d 3 menit lalu diminum.

Keterangan:
Dengan minum Ou Tea setiap hari secara rutin akan membantu proses pemulihan dan penyembuhan kesehatan. Tidak menimbulkan efek samping karena Ou Tea terbuat dari tumbuhan alami tanpa tambahan bahan-bahan kimia.

2% peminum Ou Tea antara 1 sampai 3 hari pertama akan mengalami reaksi seperti: sering buang air kecil, sering buang air besar ( diare ) karena terjadi proses pembersihan didalam perut, berkeringat, tidak merasa mengantuk, lelah, letih dan pegal.

Apabila reaksi terjadi lebih dari 3 hari, kurangi takaran pemakaian Ou Tea.

Ou Tea tidak direkomendasi sebagai obat.
Simpan ditempat yang kering dan rapat.

  1. 7 April 2009 pukul 1:04 AM

    teh hitam sudah saya konsumsi; 2 kali dan setiap minum rasanya beda-beda;heheheheh; ada usul?

    • 22 Agustus 2009 pukul 9:37 AM

      Teh Hitam memang banyak jenis yang beredar di pasaran. saran saya silahkan pilih produk yang benar-benar anda bisa percaya khasiat dan kualitasnya. cara membuatnya juga bisa berpengaruh pada rasa.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: