Peluang Bisnis Pariwisata


Pelaku bisnis pariwisata Indonesia berhasil meraih transaksi bisnis sebesar US$ 19,5 juta atau senilai Rp 182 miliar dari keikutsertaan mereka dalam pameran (bursa) di   Vakantiebeurs  Utrecht, Belanda  yang berlangsung 12-17 Januari 2010 lalu.  Transaksi bisnis ini diharapkan akan mulai terealisasi pada April 2010 mendatang,   sehingga pengaruh cukup signifikan dalam pencapaian target kunjungan wisatawan Belanda ke Indonesia yang tahun ini ditetapkan sebesar 135 ribu orang.

“Perolehan transaksi bisnis di Vakantiebeurs tahun ini cukup lumayan. Transaksi US$ 19,5 juta itu baru dari perhitungan 18 industri pariwisata lokal,  sedangkan 4 perusahaan biro perjalanan wisata Belanda yang menjual paket Indonesia belum kita hitung sehingga hasilkan akan lebih besar lagi, “kata DR. Sapta Nirwandar, Dirjen Pemasaran Kemenbudpar usai temu wartawan di Gedung Sapta Pesona Jakarta, Jumat (22/1).

Sapta Nirwandar yang memimpin delegasi Indonesia ke Vakantiebeurs mengatakan, untuk pertama kalinya Indonesia dalam berpatisipasi di pasar  Vakantiebeurs tahun ini mendapat kehormatan sebagai host partner country untuk ini delegasi RI selain menempati stand seluas 154 m2 di Island Location (01.C107) juga mendapat fasilitas lahan seluas 349 m2 di hall 2 (Indonesia Area) yang digunakan untuk promosi seni-budaya atau kegiatan non-komersial. Selain itu pihak penyelenggara memberikan kepada Indonesia slot waktu pertunjukan seni dan budaya setiap hari selama pameran berlangsung pada prime time di panggung utama Vakantiebeurs.

Menurut Sapta Nirwandar,  Belanda merupakan pasar potensial bagi Indonesia mengingat 10% atau 1,6 juta dari 16,7 juta jumlah penduduk Belanda mempunyai ikatan historis dengan Indonesia. Selain itu jumlah penduduk Belanda yang berwisata keluar negeri (outbound) setiap tahun cukup besar mencapai sekitar 6 juta/tahun.

Adanya kemudahan aksesibilitas mendorong kunjungan wisman  dari Belanda ke Indonesia semakin meningkat. Selain penerbangan langsung KLM Amsterdam-Denpasar, dan Amsterdam-Bali-Jakarta,  mulai 1 Juni 2010 Garuda Indonesia akan terbang Jakarta-Amsterdam pp via Dubai setiap hari dengan Airbus A330-200.

Vakantiebeurs atau Holiday Fair adalah pameran pariwisata terbesar di Belanda merupakan kegiatan trade and consumer fair. (Pusformas)

Sumber : http://www.budpar.go.id/page.php?ic=511&id=5243

  1. 12 Agustus 2010 pukul 12:59 PM

    memang sktor wisata memberikan income bagi kas negara yg sangat besar..jadikan indonesia mjd tujuan wisata yg menarik

  2. satriavi
    23 Oktober 2010 pukul 6:54 AM

    dan masih banyak wisata alam di indonesia yang masih terbengkali. butuh sentuhan investor swasta . anggaran dana dari pemerintah sangatminim untuk pengembangan kawasan wisata alam. Pesona wisata alam indonesia yang cantik mempunyai daya tarik wisatwan tersendiri. Tidak akan rugi bagi investor wisat alam tersebut. Untuk mengurangi tindakan eksploitasi, pihak pemerintah dan investos swsta perlu dilakukan perjanjian yang ketat. Apakah wisata alam tersebut mempunyai pasar mnengah ke atas atau menengah ke bawah atau mempunyai pasar yang eklusisf. yaap ini semua mempunyai hubungannya dengan tindakan pengelola dan investor dalam pelaksanaan mengelola bisnis wisata alam di indonesia.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: